Wednesday, May 6, 2015

Manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Semangka Nama Ilmiahnya Citrullis lanatus merupakan salah satu buah yang menjadi fokus penelitian berkali-kali secara intensif , karena banyak sekali manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan kulit, mengingat komposisi air yang menakjubkan 92% yang membuatnya sangat juicy dan menyegarkan terutama dalam cuaca panas. 
Menariknya, setiap bagian dari semangka dari kulit sampai ke dalamnya yang merah atau pink kaya akan nutrisi, semangka mempunyai komposisi air sampai 92%, penelitian telah mengungkapkan bahwa semangka lebih bergizi dalam keadaan setengah matang.

Manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Apa saja manfaat semangka yang matang?
* Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
Semangka dapat memberikan dorongan untuk fungsi jantung,  semangka memiliki kandungan lycopene yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lainnya, kalium yang ada dalam dalam semangka dengan jumlah yang baik dapat melindungi penyakit kardiovaskular yang melebar ke pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.
Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak semangka dapat mengurangi tekanan darah pada beberapa orang dewasa yang mempunyai kelebihan berat badan dan hipertensi.

* Baik untuk Kulit.
Semangka merupakan buah yang sudah terbukti sangat bermanfaat bagi kulit, bisa menjaga kulit yang terhidrasi, kaya vitamin A, adanya nutrisi penting untuk produksi sebum yang berguna untuk memelihara rambut dan kulit supaya tetap kenyal dan lembab, dan mengandung vitamin C yang diperlukan dalam pembentukan kolagen untuk mempertahankan struktur dan integritas kulit.

* Melindungi Terhadap Diabetes.
Rasanya lezat, tinggi serat dan rendah kalori, semangka merupakan buah yang bisa membantu mengobati diabetes, L-citrulline diubah menjadi arginin yang sudah terbukti meningkatkan fungsi hormon penurun gula, insulin, jumlah kalium dan magnesium dalam semangka dapat berpengaruh baik pada efek insulin dalam tubuh dengan demikian bisa membantu untuk menjaga gula darah dalam batas yang aman pada penderita diabetes.

* Mengurangi Risiko Kanker.
Semangka telah terbukti dapat melakukan perlindungan terhadap kanker, pembentukan radikal bebas berkontribusi terhadap mutasi DNA yang menyebabkan kanker, nah, semangka memiliki kandungan yang kaya antioksidan seperti vitamin C dan A yang membantu untuk membersihkan radikal bebas, semangka dan tomat juga merupakan sumber terbaik lycopene yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat, payudara, usus dan paru-paru.


* Terhindar dari dehidrasi.
Semangka kandungan airnya mencapai 92%, karena itu dalam keadaan cuaca panas bisa menyegarkan  karena membantu mengisi kehilangan air insensible dari kulit, sehingga melindungi dari dehidrasi.

* Membantu Melawan Impotensi.
Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika mengkonsumsi semangka dengan jumlah yang cukup, 
dapat memberikan efek Viagra, seperti dalam mengobati disfungsi ereksi, karena ini berisi arginin yang mampu dikonversi ke Nitric Oxide (NO), yaitu suatu senyawa yang membantu untuk melebarkan pembuluh darah kemaluan pria untuk bisa meningkatkan ereksi.

* Mengurangi Risiko Gangguan Ginjal.
Kandungan air yang banyak pada semangka dapat membantu menyiram ginjal secara teratur dan membuat ginjal berfungsi secara optimal, dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, semangka dapat mengurangi kejadian kalkulus (batu) formasi di ginjal, karena semangka kaya akan antioksidan, kemungkinan kerusakan radikal bebas terhadap ginjal akan berkurang pada orang yang mengkonsumsi semangka.

* Dan dapat mengurangi Nyeri Otot.

Maka banyak sekali manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.
Semoga artikel ini bermanfaat ya..



0 comments:

Post a Comment